Broadwell, Skylake, Cannonlake




Agak asing(?), memang. itulah ketiga codename microarchitetecture Intel terbaru.

Tiga processor Broadwell
Broadwell sendiri sudah rilis Juli 2014, dan laptop pertama yang menggunakan prosesor pada kelas ini muncul Oktober 2014. Bisa dibilang tidak terlalu baru memang. Tetapi untuk sekarang ini "awal 2015" saya rasa Broadwell lah yang akan menjadi trend sebelum munculnya Skylake ataupun Cannonlake.

Sebelum makin jauh, Skylake ataupun Cannonlake adalah microarchitetecture intel juga, perbedaanya terletak pada ukuran transistor, dimana Skylake 14nm, sedangkan Cannonlake 10nm. Skylake rencanya rilis 2015, sedangkan Cannonlake 2016.

Untuk tulisan ini, saya hanya fokus ke Broadwell, karena Skylake sendiri masih belum rilis, dan setidaknya mungkin akan rilis pada pertengahan 2015 pada pasar Indonesia, dan Broadwell masih tahun depan.

Broadwell rilis dalam 3 varian socket, BGALGA 1150, dan LGA 2011 -v3.
Masing-masing terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kita yang menentukan manakah yang akan menjadi pilihan kita kedepan dan semuanya tergantung keperluan.

Broadwell rilis dalam tiga kategori besar, i3-i5-i7. Untuk low market terdapat Pentium 3805U, dan Celeron 3755U, 3205U. Juga terdapat Core M, dan Core M (vPro).

Fitur terbaru dari Broadwell sendiri yaitu :
  • Hardware  Intel Quick Sync Video mendukung VP8 Decoding.
  • Terdapat dua buah Bit Stream Decoder yang berdiri sendiri yang membuat pemrosesan editing video lebih cepat dimana salah satunya sedang melakukan proses decode, dan lainnya melakukan proses encode.
  • Dan GPU terintegrasinya (Intel HD) mendukung pemrosesan Direct 3D 11.2, OpenGL 4.3, serta Open CL 2.0.


Sebenarnya lebih baik menunggu rilis Skylake, dibanding membeli laptop atau PC dengan arsitektur Broadwell, dikarenakan Skylake lebih hemat daya dan lebih powerful (sedikit).

Tetapi kalau kalian memang seorang yang antusias tinggi dalam teknologi, tidak ada salahnya membeli dua-duanya.

Kita tunggu saja berapa lama Broadwell bertahan dan rilis Skylake pada tahun ini.

Komentar

Postingan Populer