ANALISA SKRIPSI

"Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam
Dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)
(Studi Kasus pada PRIMKOP POLWILTABES Semarang)"

OLEH : Yulius Bayu Nugroho



Skripsi ini terdiri dalam bagian-bagian yang telah tersusun secara sistematis. Bagian-bagian tersebut adalah :
a. Abstrak
b. Daftar Isi, Daftar gambar, Daftar Tabel, dan Daftar Lampiran.
c. Bab I (Pendahuluan), terdiri atas Latar belakang, Perumusan Masalah, Tujuan/Manfaat Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
d. Bab II (Landasan Teori), terdiri atas penjabaran secara umum teori dari bidang-bidang ilmu yang terkait dengan penulisan skripsi.
e. Bab III (Metode Penelitian), merupakan bagian dimana penulis menjabarkan bagaimana melakukan “Data Mining”—pengumpulan data, jenis data, sumber data, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data—juga metode yang dipakai dalam menganalisa data.
f.  Bab IV (Hasil Analisa), berisikan hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang dituju, bagaimana solusinya, serta hasil.
g. Bab V (Penutup), bab ini penulis memberikan kesimpulan, dan saran terhadap permasalahan yang diuji dalam skripsinya, dan hasil akhir dari solusi yang dihasilkan dari uji coba oleh penulis.
h. Daftar Pustaka
i.  Lampiran

A. Abstrak

Dalam bab ini penulis memberikan garis besar dari skripsinya, yaitu mengenai pembuatan aplikasi dengan metode RAD untuk menunjang unit usaha, dalam hal ini koperasi simpan pinjam milik PRIMKOP POLWILTABES Semarang.


B. Daftar Isi

Di bagian ini penulis memberikan susunan sistematis tiap bagian halaman yang berada di skripsinya. Mulai dari sampul depan, sampai halaman terakhir lampiran. Tiap bagian diberikan halaman yang pasti demi memudahkan pembaca dalam membuka bagian tertentu dalam skripsinya.


C. Bab I (Pendahuluan)

Penulis menjelaskan latar belakang mengapa dia menulis skripsi ini, kemudian merumuskan masalah—agar skripsi tidak terlalu melenceng jauh—lalu tujuan dan manfaat penelitian, serta terakhir sistematika penulisan.

Dibagian ini dijelaskan bahwa penulis membuat skripsi dilatar belakangi kelemahan-kelemahan dalam kegiatan operasional koperasi simpan-pinjam POLWILTABES SEMARANG, antara lain:
- lamanya waktu proses pengolahan data
- kurang tepatnya dalam perhitungan
- lambatnya penyajian laporan dari hasil proses pengolahan
- kurangnya keamanan data dari pihak-pihak yang tidak terkait

Karena penulis merupakan mahasiswa dalam bidang teknologi informasi, maka penulis ingin menghilangkan inefisiensi yang terjadi dengan mengandalkan teknologi informasi.

Penulis membuat suatu aplikasi sistem informasi untuk mengganti sistem manual yang terdapat dalam koperasi simpan pinjam POLWILTABES SEMARANG menggunakan Visual Basic 6.0 dengan metode RAD.

Penulis juga menyebutkan manfaat dari penulisannya bagi dia sendiri, lalu koperasi, serta para pembaca.


D. Bab II (Landasan Teori)

Bab ini penulis menjelaskan teori-teori yang mendukung penelitian yaitu tentang pengertian sistem informasi akuntansi, komponen sistem informasi, pengembangan sistem informasi, metode pengembangan sistem, pernyataan kebutuhan sistem, aktivitas pengendalian dalam
lingkungan berbasis komputer, penjelasan mengenai program Microsoft Visual Basic 6.0, pengertian tentang koperasi, serta kerangka berpikir.

Ada beberapa bagian yang dijelaskan secara detail, ada juga yang dijelaskan secara garis besarnya saja. Hal ini juga berkaitan dengan rumusan masalah yang ditetapkan penulis, dimana ia hanya menjelaskan teori yang menunjang tujuan penulisannya, seperti yang saya bilang tadi, agar tidak melenceng terlalu jauh.

Penulis memberikan definisi-definisi dari para ahli mengenai teori-teori yang dipakai, komponen, serta penjabaran mengenai Visual Basic itu sendiri dan RAD.


E. Bab III (Metode Penelitian)

Bab ini menjelaskan tentang metode-metode yang digunakan dalam penelitian meliputi objek penelitian, metode pengumpulan data, serta metode analisis.

Objek penelitian di sini adalah yang dituju oleh penulis, dimana dalam hal ini koperasi simpan pinjam PRIMKOP POLWILTABES Semarang.

Dijelaskan juga mengenai teori mengenai data, jenisnya, dan sumber data. Penulis juga menjelaskan metode yang dipakai dalam mengambil data untuk penulisannya. Dan juga mengenai teori pembuatan prototipe aplikasinya.


F. Bab IV (Hasil Analisis)


Bab ini menjelaskan gambaran umum objek penelitian, menguraikan hasil analisis dengan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD), serta pembuatan prototype menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai hasil dari pengembangan sistemnya.

Komentar

Postingan Populer