BAB 1 ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MKDU
TUGAS 1 ILMU SOSIAL DASAR
A. Pendahuluan
Perguruan
Tinggi pada dasarnya bertugas untuk menciptakan sarjana yang kompeten dan ahli
di bidang yang ditekuninya. Para sarjana ini dibekali ilmu, pengetahuan dan
juga yang tidak kalah penting adalah norma dan sopan santun dalam
bermasyarakat. Bila dilihat dari penjelasan diatas maka setiap mahasiswa akan
diberi mata kuliah keahlian (MKK) dan mata kuliah dasar umum (MKDU).
Mata Kuliah
Keahlian (MKK) lebih berfokus pada pemahaman mengenai jurusan yang digeluti
oleh seorang mahasiswa. Sedangkan Mata Kuliah Dasar Umum mempelajari kehidupan
manusia khususnya dalam bermasyarakat.
MKDU sendiri terdiri dari atas beberapa mata kuliah. mata kuliah yang termasuk dalam MKDU adalah:
1. Pendidikan
Kewarganegaraan
2. Agama
3. Kewirausahaan
4. Sejarah
5. Ilmu Alamiah
Dasar (IAD)
6. Ilmu Sosial
Dasar (ISD) dan
7. Ilmu Budaya
Dasar (IBD)
Kali ini saya
membahas mengenai Ilmu Sosial Dasar. Ilmu Sosial dasar masuk dalam kategori
MKDU, dan wajib dipelajari oleh setiap mahasiswa.
B. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Pada dasarnya
banyak sekali misteri yang masih belum bisa dipecahkan oleh manusia, karena
itulah manusia selalu berusaha untuk memecahkan persoalan yang ada di jagad
raya ini. Kaitannya dengan hal itu muncullah filsafat, yang dimana filsafat
mempelajari segala hal dan misteri yang ada di alam. Kemudian karena merasa
filsafat terlalu umum, maka para filsuf zaman dahulu membagi tiga kelompok
cabang ilmu pengetahuan, yaitu :
- Natural Science (Ilmu Pengetahuan Alam), ilmu ini mempelajari gerakan dan kondisi alam. Yang termasuk kelompok natural science yaitu : Fisika, Kimia, Astoronomi, Biologi, dsb.
- Social Science (Ilmu pengethauan sosial), ilmu ini mempelajari hubungan seseorang dengan masyarakat, masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya dan dengan negara. kelompok cabang ilmu pengatahuan yang termasuk dalam kelompok ini adalah : Sosiologi, Ekonomi, Politik, Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dsb.
- Humaniora, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Balai Pustaka: 1988), adalah :
"ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya".
Kelompok cabang ilmu pengatahuan yang termasuk dalam kelompok ini adalah : Bahasa, Teologi, Sastra, Hukum, Filologi, Kesenian, dsb.
Dilihat dari
pembagian cabang diatas maka ilmu sosial dasar dikembangkan sebagai salah satu
satuan mata pendidikan di perguruan tinggi.
Ilmu sosial
dasar adalah pengetahuan yang memadukan pengertian-pengertian (fakta, teori,
konsep) dari beberapa cabang ilmu pengetahuan seperti sejarah, ekonomi,
geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
Ilmu Sosial
Dasar tidak mencampur-adukan beberapa disiplin ilmu tertentu, karena
masing-masing displin memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri.
Yang utama,
Ilmu sosial dasar bukan merupakan salah satu disiplin ilmu tersendiri, karena
Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri
dan tidak mengembangkan suatu penelitian seperti disiplin ilmu
yang lain.
Bila ditarik
kesimpulan, maka mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi
untuk memberikan pengetahuan dasar, pengertian umum, dan konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial, Sehingga mahasiswa memiliki
respon, persepsi dan penalaran dalam menghadapi kondisi lingkungan sosial dan
kehidupan masyarakat di sekitarnya.
C. Tujuan Ilmu
Sosial Dasar
Ilmu Sosial
Dasar harus dipelajari seorang mahasiswa, dengan tujuan :
- Dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah -masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Memliliki kepekaan terhadap terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap serta ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
- Memahami bahwa setiap konflik sosial di masyarakat selalu bersifat kompleks, sehingga hanya bisa diselesaikan dengan cara kritis dan penelitian inter-disipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari berbbagi cabang ilmu sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dalam rangka menanggulangi konflik yang terjadi di masyarakat
D. Perbedaan dan
Persamaan ISD dengan IPS
D.1 Persamaan ISD dengan IPS
- Merupakan bidang studi yang sama pentingnya untuk dipelajari.
- Bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Sama-sama mempelajari interaksi dan masalah sosial.
D.2 Perbedaan ISD dengan IPS
- ISD diberikan di perguruan tinggi, IPS di sekolah dasar, dan sekolah menengah.
- ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kumpulan dari sejumlah mata pelajaran.
- ISD lebih mempelajari kepada pembentukan karakter seseorang, sedangkan IPS lebih condong ke arah penguasaan pengetahuan.
E. Ruang
Lingkup Pembelajaran ISD
Dalam mata kuliah ISD, terdapat 3 golongan konsep sosial dalam mempelajari
kenyataan sosial, 3 golongan tersebut yaitu :
- Konsep sosial terhadap kenyataan yang terdapat dalam masyarakat yang memiliki pengertian yang berbeda-beda dari berbagai macam disiplin ilmu.
- Konsep sosial terhadap kenyataan sosial yang hanya dibatasi oleh konsep dasar atau elementer saja. Konsep dasar ini contohnya adalah ’’keanekaragaman”, dan “kesatuan sosial”.
- Konsep sosial terhadap konflik yang terjadi di masyarakat sangat erat kaitannya dengan kenyataan-kenyataan sosial yang saling terkait satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan
Konsorsium Antar Bidang, telah disepakati bahwa ISD mempelajari 8 pokok bahasan
diantaranya adalah :
1) Masalah
kependudukan dan hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan budaya.
2) Masalah
individu, keluarga, dan masyarakat
3) Masalah pemuda
dan sosialisasinya
4) Masalah
interaksi antara bangsa dengan negara
5) Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6) Masalah
masyarakat kota dan masyarakat pedesaan
7) Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
8) Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi perkembangan masyarakat
Kesimpulan :
Berdasarkan
deskripsi mengenai ISD, yang dapat saya simpulkan adalah bahwa MKDU ISD ini sangat
penting bagi seorang mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari pokok bahasan yang
akan dipelajari, tujuan, serta manfaat bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa yang
mempelajari MKDU ISD ini memiliki budi pekerti yang baik dan karakter yang
mencerminkan bangsa Indonesia.
Sumber : Herwantiyoko, Neltje F. Katuuk. 1997, seri diktat kuliah: MKDU Ilmu Sosial Dasar, Depok: Penerbit Gunadarma
Sumber : Herwantiyoko, Neltje F. Katuuk. 1997, seri diktat kuliah: MKDU Ilmu Sosial Dasar, Depok: Penerbit Gunadarma
Komentar
Posting Komentar